Monday 9 January 2012

Definisi Software Akuntansi

"Software Akuntansi" terdiri dari dua istilah yaitu Software dan akuntansi. Software atau perangkat lunak menurut Wikipedia adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. dan Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Software Akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dibuat untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian, penjualan, penggajian, buku besar, dan lain-lain.

Prinsif kerja Software akuntansi ditujukan untuk menghasilkan akuntansi laporan  keuangan, yaitu Neraca, Rugi laba, Laporan Perubahan Posisi Keuangan atau Cash Flow. Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Dimana setiap ledger memiliki kode dan nama yang umum digunakan serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, sepert ledger untuk Neraca, Ledger untuk rugi Laba, Ledger untuk Biaya Pabrikasi dan Ledger untuk Manufaktur atau pabrik.

Software akuntansi ini bisa merupakan software yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak pembuat dan vendor software akuntansi, atau dapat pula merupakan gabungan dari keduanya. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas software akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya. Ada banyak software akuntansi baik buatan lokal maupun luar.

Source : Software AkuntansiWikipedia

8 comments:

  1. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    ReplyDelete
  2. Software Akuntansi dan laporan keuangan murah.
    Langsung aja Klik Download Software Akuntansi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Infonya yg lengkap, apakah ada Macam Software Akuntansi Yang Mudah
    yang mudah ?

    ReplyDelete
  4. software yang dapat mempermudah pengelolaan keuangan dan penanganan proses akuntansi. Salah satu contoh lain dari software akutansi adalah Acumatica Cloud ERP yang ga cuma ngurusin kegiatan akuntansi tp juga bisa ngebantu ngelola keseluruhan proses bisnis.

    ReplyDelete
  5. Yap kini software akuntansi membuat segala urusan akuntansi menjadi mudah.

    LIMAX Accounting Software

    ReplyDelete
  6. Terimakasih infonya jangan lupa mampir dimari gan

    Software Manajamen Keuangan

    ReplyDelete

Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 courtesy of Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 Support By Google dan Yahoo Admin asepsyamsulanwar9@gmail.com Assist by sameol's Profile on Ping.sg